Kamis, 25 Desember 2014

(Softskill Jurnal) Pengantar Telematika 3 : Definisi Layanan Informasi

BAB 3 : Layanan Informasi pada Telematika

Kelompok :
Arizkha Mayyassa Yasaro (11111189)
Hannar Surya Abhimantra (13111200)
Moch. Maulana Syahruddin (14111545)



LAYANAN INFORMASI

Arizkha Mayyassa Yasaro
Hannar Surya A.
 M. Maulana

Jurusan Sistem Informasi, FIKTI, Universitas Gunadarma

Email : arizkhamy@yahoo.co.id / allethea.fkdmg@gmail.com / maulana.syahruddin@yahoo.com


ABSTRAK
                Layanan telematika terbagi dalam beberapa bidang, namun yang paling mempengaruhi masyarakat adalah layanan telematika dibidang informasi. Sebab Informasi sangatlah penting dan sangat vital, karna bila saja ada kesalahan atau informasi buruk dapat mempengaruhi pola piker masayarakat. Oleh sebab itu perlu adanya penyaringan informasi dalam telematika.

Kata Kunci :
Layanan, Telematika, Layanan Telematika, Informasi



1.        Pendahuluan
Berdasarkan Instruksi Pesiden Republik Indonesia (Inpres) nomor 6 tahun 2001. Pesatnya kemajuan teknologi telekomunikasi, media, dan informatika atau disingkat sebagai teknologi telematika serta meluasnya perkembangan infrastruktur informasi global telah merubah pola dan cara kegiatan bisnis dilaksanakan di industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat informasi telah menjadi paradigma global yang dominan. Kemampuan untuk terlibat secara efektif dalam revolusi jaringan informasi akan menentukan masa depan kesejahteraan bangsa.

2.         Layanan Telematika di Bidang Informasi
        Penggunaan telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat. Wartel dan Warnet memainkan peranan penting dalam masyarakat.
        Warung Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik di daerah kota maupun di desa, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses sendiri di tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh karena itu langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra - sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk balai - balai informasi. Untuk melayani lokasi - lokasi yang tidak terjangkau oleh masyarakat.
Pada layanan ini telematika menggabungkan system komunikasi dengan kendaraan bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi secara langsung.
Contohnya :
·         Navigation assistant (real-time traffic information)
·         Weather, stock information
·         Entertainment and M-Commerce

3.        Kesimpulan
Layanan telematika dibidang informasi lebih ditujukan kepada perkembangan dam kesejahteraan masyarakat. Sebab bila informasi berdampak negative bias mempengaruhi lingkungan masyarakat, oleh sebab itu perlu adanya penyaringan informasi di ruang lingkup masyarakat.

4.        Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar