Kamis, 25 Desember 2014

(Softskill Jurnal) Pengantar Telematika 2 : Definisi Arsitektur Telematika

BAB 2 : Arsitektur Telematika Pada Sisi Client dan Server


Kelompok :
Arizkha Mayyassa Yasaro (11111189)
Hannar Surya Abhimantra (13111200)
Moch. Maulana Syahruddin (14111545)


ARSITEKTUR TELEMATIKA

Arizkha Mayyassa Yasaro
Hannar Surya A.
 M. Maulana

Jurusan Sistem Informasi, FIKTI, Universitas Gunadarma
arizkhamy@yahoo.co.id

ABSTRAK
            Materi ini menjelaskan tentang pengertian arsitektur telematika yaitu sebuah struktur desain yang secara logic dapat meningkatkan hubungan jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Arsitektur telematika mengacu pada desain sebuah aplikasi, atau dimana komponen yang membentuk suatu system yang ditempatkan dan bagaimana mereka berkomunikasi sedangkan Manajemen Telematika yaitu arsitektur client-server, arsitektur client-server adalah desain sebuah aplikasi terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketika mengakses server dalam suatu jaringan

Kata Kunci :
Arsitektur, Telematika, Arsitektur Telematika, Workstation

1.        Pendahuluan
Istilah arsitektur telematika berkaitan dengan desain logic komponen dari sebuah perangkat yang ditempatkan sehingga bisa berkomunikasi dan saling berinteraksi. Menurut kamus istilah arsitektur dapat diartikan sebagai struktur desain komputer dan semua rinciannya, seperti sistem sirkuit, chip, bus untuk ekspansi slot, BIOS dan sebagainya.  Arsitektur dalam telematika ada yang disebut dengan client dan server. Kedua arsitektur ini memiliki perbedaan dalam tugasnya.

2.        Arsitektur Client
Client adalah komputer yang umum dikenal sebagai komputer yang meminta layanan dari server.  Komputer client meminta layanan berupa informasi yang disedikan oleh server. Pada browser biasanya permintaan (request) dari client web server melalui html. Client langsung berhubungan dengan user atau disebut dengan front-user. Kumpulan dari komputer client membuat sebuah workstation. Workstation dihubungankan melalui jaringan LAN atau WAN maupun Internet. Karekteristik dari sebuah client adalah :
     Mengirimkan permintaa (request)
     Aktif (meminta layanan)
     Menunggu dan menerima layanan dari hasil permintaan kepada server


3.        Arsitektur Server
Komputer server diartikan sebagai computer yang menyediakan layanan. Workstation Client dapat terhubung hanya satu server(single-server) mau banyak server(multi-server).
Single-Server contohnya adalah Server yang menyimpan database sebuah perusahaan jadi single-server hanya terpaku pada satu server yang memiliki tujuan tertentu dimana jaringannya secara administrasi terdaftar pada jaringan local. Sedangan multi-server contohnya adalah website, seorang user menggunakan web browser dapat mengakses beberapa server sekaligus,misalnya saat mengakses sebuah website online shop maka komputer akan terhubungan dengan server pada data center sebuah search engine, diwaktu bersamaan user juga mengakses server online-shop tersebut.
Karakteristik dari Komputer server adalah :
     Selalu menunggu permintaan dari salah satu klien.
     Melayani klien permintaan kemudian menjawab dengan data yang diminta ke klien.
     Sebuah server dapat berkomunikasi dengan server lain untuk melayani permintaan klien

4.                  Kesimpulan

Arsitektur dapat diartikan sebagai struktur desain komputer dan semua rinciannya, seperti sistem sirkuit, chip, bus untuk ekspansi slot, BIOS dan sebagainya. Serta terdapat dua arsitektur temelatika, yaitu client dan server.
5.                   Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar